Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor BKPP Aceh Barat Terbakar, Dokumen Kepegawaian Ludes

Kompas.com - 14/01/2016, 22:16 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, ludes dilalap si jago merah, Kamis (14/01/206) petang.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut namun tiga bangunan gedung perkantoran dan asrama pegawai beserta isinya tak dapat diselamatkan.

“Kebakaran terjadi sektar Pukul 17.00 wib, api awalnya berasal dari bangunan gedung diklat yang berada di belakang, kemudian api dengan cepat membesar dan menyambar ke bagian gudung sebelahnya”, kata Rusli, seorang warga saat ditemui wartawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran diduga disebabkan hubungan arus pendek listrik di salah satu ruangan diklat.

Dari sana api dengan cepat membesar dan menyambar ke gedung lain yang berdekatan akibat angin kencang yang terjadi di daerah itu.

“Kebakaran diduga akibat terjadi korsleting listrik di salah satu ruangan diklat, kemudian kobaran api terus membesar dan menyambar ke seluruh bagian gedung,” kata Lettu Ivan Sugiato, Danton Senapan Kompi C Korem Teuku Umar yang ikut membantu memadamkan api.

Menurut Ivan, tak lama setelah kebakaran terjadi tujuh truk pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Namun, petugas pemadam kebakaran yang dibantu TNI dan warga sekitar kewalahan memadamkan kobaran api yang terus membesar.

Akibatnya tiga gedung diklat, aula beserta isinya tak dapat diselamatkan.

“Sebagian besar mobil dan dokumen pegawai tak dapat diselamatkan, karena api sangat cepat membesar. Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian," tambah Ivan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com