Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Venue" PON XIX 2016 di Jabar Hampir Rampung

Kompas.com - 27/12/2015, 18:14 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Pembangunan dan renovasi seluruh venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di 15 kabupaten/kota di Jawa Barat sudah hampir rampung. Persiapan tinggal proses penyempurnaan.

"Untuk venue sudah 94 persen, tinggal 6 persen lagi yang belum," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai sosialisasi PON XIX dan Peparnas XV Tahun 2016 di Stadion Bima, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (27/12/2015).

Sisanya yang enam persen itu, kata Aher, akan diselesaikan pada 2016. Ia memastikan, sisanya akan selesai dalam waktu kurang dari 6 bulan, sehingga pada pertengahan 2016 nanti sudah siap digelar.

"Bulan Juni 2016 nanti sudah tidak ada kegiatan fisik lagi. Bulan Juni tinggal persiapan demi persiapan sehingga penyelenggaraan PON betul baik," kata dia.

Ketua Bidang Sarana dan Prasarana PB PON, Bambang Riyanto, mengatakan, pada dasarnya persiapan sudah final.

"Sebenarnya persiapan sudah matang, venue sudah siap, hanya tinggal finishing dikit-dikitlah. Yang agak berat venue di Sukabumi dan ada satu venue di Bandung," kata Bambang.

Adapun kisaran anggaran yang diperlukan untuk 6 persen itu, mencapai ratusan miliar. "Kisaran Rp 200 miliar mungkin," kata Bambang.

Sementara anggaran keseluruhan mencapai Rp 2 triliun lebih. Aher mengatakan, ini dana terbesar yang pernah dikeluarkan Pemprov Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com