Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2015, 06:54 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Maskapai Kalstar wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan bahwa pesawat jenis Embraer 195 jet dengan nomor penerbangan KD676 yang tergelincir dan keluar dari landasan pacu Bandara El Tari Kupang masih dalam kondisi baik dan layak terbang.

Manajer Kalstar Wilayah NTT Uswardono, Senin (21/12/2015) malam, kepada sejumlah wartawan mengatakan, pesawat yang tergelincir di Runway 25 Bandara El Tari Kupang itu layak terbang dan tidak dilaporkan adanya persoalan, sebelum lepas landas dari Bandara Aeroboesman Kabupaten Ende.

"Kita pasti akan bertanggung jawab penuh. Tadi sudah diinformasikan oleh bapak (Komandan Lanud El Tari Kupang) kalau kondisinya baik-baik aja. Saya kurang tahu, nanti ada yang lebih bisa beri penjelasan terkait tahun pembuatan pesawat itu,” ucap Uswardono.

Kalstar berjanji akan bertanggung jawab penuh terhadap insiden tergelincirnya pesawat yang memuat 120 penumpang dan lima awak pesawat tersebut.

Untuk diketahui, pesawat Kalstar yang berangkat dari Bandara Aeroboesman Ende sekitar pukul 17.30 Wita mengalami overshoot atau tergelincir di ujung Runway 25, Bandara El Tari Kupang.

Semua penumpang dan awak pesawat dinyatakan selamat, dan sudah diizinkan pulang. Sementara badan pesawat yang tergelincir masih belum dipindahkan dari ujung landasan bagian timur karena masih menunggu proses identifikasi dari pihak KNKT.

Bandara El Tari yang ditutup beberapa saat setelah kejadian akhirnya dibuka kembali sekitar pukul 22.20 Wita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com