Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalstar Tergelincir, Bandara El Tari Kupang Kembali Dibuka

Kompas.com - 21/12/2015, 23:45 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Setelah lebih dari tiga jam ditutup akibat tergelincirnya pesawat Kalstar Embraer E-195 Jet di landasan pacu, Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali dibuka.

Airport Duty Manager Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang Gabriel Keraf, Senin (21/12/2015) mengatakan, bandara dibuka lagi sekitar pukul 22.20 Wita, setelah ditutup pada pukul 17.45 Wita.

“Tadi bandara memang sempat ditutup untuk memberikan kesempatan kepada pihak bandara membersihkan landasan pacu,” kata Gabriel.

Pasca dibuka kembali, lanjut Gabriel, malam ini ada tiga maskapai yang akan mendarat di Bandara El Tari yakni pesawat Batik Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air dari Jakarta.

Sementara itu badan pesawat Kalstar yang keluar landasan sejauh 200 meter tersebut, belum dipindahkan. Pihak bandara masih menunggu petugas KNKT untuk memeriksa badan pesawat.

Pesawat dengan nomor penerbangan KD676 itu diterbangkan oleh pilot Marjulki dan co-pilot Arie, serta teknisi Haryono. Penumpang yang berjumlah 120 orang, berhasil diselamatkan oleh tim SAR Kupang, Angkasa Pura, dan TNI Angkatan Udara Lanud El Tari.

General Manager Angkasa Pura I Kupang, I Ketut Arnawa kepada Kompas.com, mengatakan, pihaknya masih melakukan evaluasi posisi pesawat.

“Kondisi pesawat saat ini masih di ujung landasan karena berlumpur, sehingga agak sulit untuk proses evakuasi. Karena tergelincirnya sekitar 200 meter,” ujar Arnawa.

Diberitakan sebelumnya, bandara El Tari Kupang, NTT ditutup sementara, menyusul tergelincirnya pesawat Embraer milik maskapai penerbangan Kalstar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com