Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Amarilis, Giliran Bunga Eceng Gondok Jadi Sasaran "Selfie"

Kompas.com - 14/12/2015, 10:41 WIB

BANTUL, KOMPAS.com — Hamparan eceng gondok yang tumbuh di sawah Dusun Karangasem, Palbapang, Bantul, DI Yogyakarta, tiba-tiba menjadi perhatian karena saat ini sedang berbunga. 

Sawah yang sedang tidak ditanami padi itu tadinya didominasi warna hijau, tetapi beberapa hari ini menjadi kelihatan lebih cerah dengan warna ungu muda khas bunga eceng gondok.

Warga yang datang ke lokasi pun tak melewatkan untuk mengabadikannya. Seperti terlihat pada Minggu (13/12/2015), puluhan pengunjung yang didominasi anak muda antusias membuat foto selfie berlatar belakang hamparan bunga eceng gondok.

Tentu kita masih ingat dengan fenomena lahan bunga amarilis di Gunung Kidul yang rusak karena terinjak pemburu foto.

Namun, berbeda dengan di lokasi ini. Sebab, eceng gondok tumbuh di sawah yang penuh air sehingga pengunjung tentu tak bisa begitu saja merangsek ke tengah hamparan bunga jika tak mau terjerembab dalam lumpur.

Joko Santoso, warga Karangasem, menjelaskan, berbeda dengan hamparan bunga amarilis di Gunung Kidul yang memang ditanam dan dirawat, tumbuhan dan bunga eceng gondok yang ada di dusunnya tumbuh secara alami.

"Kalau ini alami, ada sawah tidak ditanami, tumbuh sendiri," ujarnya.

Triyanto, warga lainnya, mengaku cukup kaget hamparan tumbuhan eceng gondok tersebut bisa tumbuh bunga yang indah dan menarik pengunjung.

Eceng gondok di tempat tersebut, menurut dia, sudah tumbuh sekitar dua tahun dan baru sekitar seminggu ini mulai berbunga.

"Dari dulu ada tanamannya, tetapi tidak berbunga, baru sekarang," katanya.

Menurut dia, pengunjung mulai berdatangan sekitar tiga hari terakhir. Pembenahan akan dilakukan agar bisa mewadahi keinginan para pengunjung yang diperkirakan makin bertambah nantinya.

"Ini harus ditata agar tidak rusak seperti yang dulu (di Gunung Kidul), di tengah dikasih getek kalau bisa biar dipakai foto," tuturnya.

Diana, salah satu pengunjung, mengungkapkan, ia rela datang ke lokasi tersebut bersama kawan-kawannya meski awalnya berencana datang ke Sekaten.

Ia mendapat kabar dari media sosial bahwa ada lokasi di dekat rumahnya yang bagus untuk berfoto ria.

"Foto di sini soalnya unik, baru kali ini lihat ada kebun bunga seperti ini," ungkapnya.(Anas Apriyadi)

Tribun Jogja/Anas Apriyadi Hamparan bunga eceng gondok di Karangasem, Palbapang, Bantul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com