Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JRFR di Yogya, Lomba Lari di "Kolong" Pesawat Tempur

Kompas.com - 11/12/2015, 20:28 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat-pesawat tempur milik Indonesia akan menggetarkan langit Yogyakarta. Berbagai jenis pesawat tempur ini akan unjuk kebolehan bermanuver di udara.

Kapentak Adi Sucipto Yogyakarta, Mayor Sus Hamdi Londong mengatakan mulai tanggal 18 Desember berbagai pesawat tempur akan berdatangan ke Lanud Adisucipto Yogyakarta.

Kedatangan pesawat-pesawat ini untuk meramaikan acara Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015.

"Acaranya mulai 19 sampai 20 Desember. Kami mohon maaf kepada masyarakat kalau terganggu dengan suara pesawat-pesawat tempur ini," ujar Mayor Sus Hamdi Londong, Jumat (11/12/2015).

Beberapa pesawat yang akan meramaikan acara yang digelar untuk memperingati HUT ke-70 Sekbang TNI AU ini di antaranya dua pesawat Sukhoi, dua pesawat T50, dua pesawat F16, dan enam pesawat Pegasus.

Masyarakat pun dipersilahkan untuk menyaksikan manuver pesawat tempur ini. "Tidak perlu kaget dan takut akan suara menggelegar dari pesawat tempur milik TNI AU tersebut. Masyarakat silahkan menikmati aksi pesawat-pesawat itu," tegas dia.

"Masyarakat juga diberi kesempatan untuk joy flight keliling Yogya," ucap dia.

Ketua Panitia Gebyar Dirgantara Yogyakarta 2015 Kol (Pnb) Azhar Adhitama menambahkan, acara ini tak dipungut biaya. "Semua bersifat gratis. Dipersembahkan untuk masyarakat," kata dia.

Hanya saja, imbuhnya, untuk lomba Jupiter Runway Fun Run yaitu lari di landasan dengan sensasi di bawah pesawat yang sedang mendarat, peserta dipunggut biaya Rp 50.000.

JRFR ini belum pernah ada di Indonesia dan baru pertamakali. "Yang menarik peserta bisa foto di bawah pesawat yang sedang ‘take off‘ maupun ‘landing'," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com