Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedapatan Bawa Senjata, Kader HMI Akan Dipulangkan dengan Kapal TNI

Kompas.com - 23/11/2015, 16:00 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com — Rapat antisipasi pasca-kerusuhan yang dilakukan peserta Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Sabtu (21/11/2015) malam dan Senin (23/11/2015) dini hari, memutuskan bahwa simpatisan kongres asal Sulawesi Selatan akan dipulangkan.

Mereka akan dipulangkan dengan menggunakan kapal TNI AL dari Dumai langsung ke Makassar.

"Sekarang dari kami masih sedang diusahakan kepulangannya dengan kapal TNI AL di Dumai. Begitu kapalnya sudah ada, langsung diangkut menggunakan kapal saja," ujar Kepala Kesbangpol Riau Ardi Basuki, Senin siang.

Menurut Ardi, sebelum dipulangkan, pemerintah bersama polisi sudah sepakat menempatkan para "penggembira" kongres ini di beberapa titik, di antaranya Aula Korem, Aula Arhanud, Aula Disperindag, dan Aula BLK.

"Jadi akan mengevakuasi secara terpencar. Mereka penggembira, dipecahkan konsentrasi, jangan dikumpulkan, tetap ditampung sementara karena mereka saudara kita. Tidak mungkin diusir," ujar Ardi.

Upaya ini dilakukan setelah adanya ditemukan senjata tajam di beberapa tempat penginapan peserta penggembira Kongres HMI di Pekanbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com