Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Budaya, Puluhan Siswa SD Main Wayang Bersama di Alun-alun

Kompas.com - 05/11/2015, 17:19 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Menyambut Hari Wayang yang jatuh pada Sabtu (7/11/2015), puluhan pelajar dari SD Kristen I Sukoharjo, menggelar aksi wayang massal di Alun-alun Satya Negara, Sukoharjo.

Aksi tersebut berupa memainkan wayang yang terbuat dari kardus dan juga belajar mengenal karakter wayang dari para pendamping.

Tema 'Hatiku Sakit karena penggemar wayang tinggal sedikit' dipilih saat puluhan siswa dari sekolah itu, belajar memainkan dan mengenal tokoh tokoh wayang pada Kamis (5/11/2015).

"Saat ini memang menyedihkan, wayang sudah ditinggalkan bahkan tidak lagi digemari, semoga aksi ini bisa mengajak anak-anak untuk mencintai seni budaya negeri sendiri, seperti wayang," kata seorang tokoh masyarakat, Kokor Wijanarko.

Kokor bersama seniman wayang kardus, Wanto, mengajak para siswa untuk mengenal karakter tokoh wayang seperti Gatotkaca, Bima, Arjuna, dan Kresna.

"Dalam wayang banyak sekali nilai-nilai yang berguna untuk kehidupan sehari hari, bisa menjadi tuntunan. Oleh karena itu, kita ingin mengajak masyarakat mencintai wayang,"kata Kokor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com