Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Karakter Suatu Bangsa Dilihat dari Toilet Umum dan Sepak Bola

Kompas.com - 16/10/2015, 18:10 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil banyak bicara tentang filosofi yang diambil dari sepak bola saat mengikuti rapat koordinasi persiapan final Piala Presiden 2015 di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jumat (16/10/2015).

Salah satunya adalah hubungan antara sepak bola dengan karakter bangsa. Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, karakter suatu bangsa bisa dilihat dari dua hal, yaitu toilet umum dan sepak bola.

Jika dari dua hal itu saja masih bermasalah, maka bangsa tersebut belum memiliki kepribadian yang baik dan dewasa.

"Kalau mau lihat karakter bangsa, mudah saja, tinggal lihat toilet umum dan sepak bolanya. Dua hal itu bisa mewakili karakter dan kepribadian suatu bangsa," kata Ridwan.


Kebersihan toilet dapat menunjukkan karakter bangsa. Sementara, sportivitas dapat tercermin dari perilaku para pendukung klub sepakbola.

"Di Piala Presiden nanti, itu momentum, untuk memperlihatkan apakah para supporter bisa datang dan pulang dengan tertib dan bersikap fair," tutur Ridwan.

Menjelang final Piala Presiden 2015 nanti yang mempertemukan Persib Bandung dengan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Ridwan mengimbau agar "bobotoh" tidak membawa kendaraan roda dua dan memilih transportasi umum seperti kereta dan bus.

Hal itu dilakukan agar polisi bisa mudah mengawal saat mereka berangkat maupun saat kembali pulang usai pertandingan.

Kompas TV Izin Untuk Final, Ridwan Kamil Datangi Markas Persija

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com