Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascabentrok di Aceh Singkil, Umat Islam dan Kristen Jaga Gereja di Subulussalam

Kompas.com - 14/10/2015, 12:40 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

SUBULUSSALAM, KOMPAS.com — Umat Islam dan Kristen di Kota Subulussalam bahu-membahu menjaga empat gereja di kota tersebut. Hal itu dilakukan setelah terjadinya bentrok antarkelompok warga di Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (13/10/2015).

Tokoh agama Kristen dari Barisan Toba Kota Subulussalam, Piktor Situmorang, Rabu (14/10/2015), mengatakan, sejak semalam, ia bersama pemuda dan tokoh agama Muslim turun mengamankan gereja. Aparat keamanan juga berjaga-jaga hingga hari ini.

"Bahkan, Syarif Bancin, tokoh agama Muslim di Subulussalam, turut berjaga sampai pagi di gereja. Kami di Subulussalam ini sangat rukun dan akur antarumat beragama," kata Piktor kepada Kompas.com, Rabu.

Penjagaan itu dilakukan untuk memastikan bahwa rumah ibadah itu aman dan tidak ada orang yang memprovokasi warga. Piktor mengimbau seluruh umat Kristiani di Aceh Singkil dan Subulussalam untuk tidak terpancing isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dia mengajak seluruh umat Kristiani menahan diri dan tetap berpikir jernih dalam melihat kasus bentrok warga di Aceh Singkil.

"Mari sama-sama menghormati keyakinan masing-masing. Kita harus rukun dan berdampingan," kata Piktor.

Bentrok antarwarga di Kecamatan Simpang Kanan dan Gunung Meria Aceh Singkil terjadi pada Selasa pagi. Satu orang meninggal dunia akibat terkena peluru gotri dan empat orang luka-luka dalam bentrok yang dipicu oleh pembakaran sebuah rumah yang dijadikan tempat ibadah di daerah tersebut. Keempat korban luka dirawat di Rumah Sakit Umum Aceh Singkil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com