Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Susulan Guncang Ende

Kompas.com - 30/09/2015, 21:19 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ENDE, KOMPAS.com - Gempa susulan berkekuatan 3,5 dalam skala Richter mengguncang Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (30/9/2015) malam, setelah sore tadi sekitar pukul 14.45 Wita, wilayah yang sama diguncang gempa 4,4 SR.

Gempa susulan yang terjadi sekitar pukul 21.24 Wita itu berpusat di laut atau 29 kilometer sebelah timur laut, Kabupaten Ende, NTT, dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa di 8.62 Lintang Selatan dan 121.93 Bujur Timur .

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan 4,4 skala Richter mengguncang Kabupaten Ende, Rabu sore. Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang, gempa tersebut terjadi pada pukul 14.45 Wita.

Pusat gempa berlokasi di 8,58 derajat Lintang Selatan dan 121,94 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa terletak sekitar 31 kilometer di sebelah timur laut Ende, Kabupaten Ende.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. Namun, getaran gempa dirasakan di Maumere, Kabupaten Sikka. Gempa yang berlangsung sekitar lima detik itu sempat membuat warga Maumere panik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com