Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panwas Temukan Ratusan Ribu Data Pemilih Ganda di Jember

Kompas.com - 22/09/2015, 06:31 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Bupati Kabupaten Jember, Jawa Timur, menemukan 126.813 data ganda pemilih dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk pelaksanaan Pilkada Jember.

"Data itu kami dapat setelah kami melakukan pengawasan dan melakukan verifikasi dalam DPS pilkada. Ada data ganda berupa nama, nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat," ungkap anggota Panwaslih Kabupaten Jember, Nur Elya Anggraini, Senin (21/9/2015).

Menurut Elya, data ganda tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di Jember. "Cukup merata data ganda tersebut dan ditemukan di seluruh kecamatan," kata Elya.

Atas temuan tersebut, Panwaslih Kabupaten Jember akan meminta kepada KPU setempat untuk melakukan perbaikan DPS sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

"Kita akan merekomendasikan kepada KPU temuan tersebut untuk segera ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan agar kualitas pilkada lebih baik," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi, ketika dikonfirmasi, mengaku siap untuk melakukan perbaikan DPS tersebut. "Prinsipnya kita siap menindaklanjuti temuan tersebut. Untuk itu, kita masih menunggu rekomendasi dari Panwaslih," ucap Hanafi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com