Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Mulai Hobi Beli Tanah, buat Apa?

Kompas.com - 03/09/2015, 09:32 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kini mempunyai kebiasaan baru, yakni membeli tanah. Aksi menawar sebidang tanah mulai sering dilakukan orang nomor satu di Bandung itu.

Hal itu terungkap saat Ridwan Kamil mulai melakukan program Sapa Warga. Sambil menyusuri setiap jengkal wilayah Kota Bandung, pria yang akrab disapa Emil itu kerap mencari lahan kosong milik warga.

Namun, lahan tersebut bukan untuk keperluan pribadi, melainkan sebagai upaya merealisasikan program satu taman bermain untuk satu RW. "Karena ada program satu RW satu taman bermain, jadi di mana ada lahan kosong, kita akan beli untuk ruang terbuka hijau (RTH)," ungkap Emil, Kamis (3/9/2015).

Bahkan, Emil meminta kepada para lurah dan camat untuk mengajukan data sejumlah lahan kosong yang berada di wilayah masing-masing. "Makanya, ke mana pun saya pergi, saya mengarahkan kepada lurah dan camat untuk segera mengajukan data-data (tanah) yang akan kita beli sebagai aset yang ujung-ujungnya akan dijadikan untuk RTH," tutur Emil.

Dalam aksi blusukan di kawasan Binongjati, Kecamatan Batununggal, Rabu (2/9/2015) kemarin, Emil sempat melihat sebidang tanah seluas 7.000 meter persegi milik Pemerintah Kota Bandung.

Emil pun berencana "menyulap" lahan gersang itu menjadi alun-alun, kantor kelurahan, dan pasar. "Jadi, 3.000 meter untuk alun-alun, 3.000 meter untuk pasar, dan 1.000 meter untuk kantor kelurahan. Itu kita rencanakan tahun ini eksekusi tahun depan, (tanah) hak milik Pemkot Bandung sudah ada sertifikatnya, termasuk pembebasan tanah menembus ke Jalan Ibrahim Adjie," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com