Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Korban Perceraian Orangtua Ungkap Impiannya Melalui Gambar

Kompas.com - 10/08/2015, 16:11 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com
 — Rachel Allison Tjin (4) memiliki impian bertemu dengan orangtua dan kakak lelakinya. Ia mencurahkan keinginannya itu melalui gambar yang dibuat. Hingga kini, impian bertemu dengan orangtua dan kakak lelakinya belum terwujud.

Rachel menggambar dirinya bergandeng tangan dengan sang kakak, Ritchie Anderson Tjin (6). Di gambar itu terdapat tulisan tangan Rachel sendiri, "Dear Koko".

"Rachel ini ingin ketemu bapaknya. Sudah dua tahun ayahnya tidak bersedia untuk bertemu, ayahnya tidak meninggalkan alasan apa-apa, padahal kita sudah surati sebanyak empat kali," ujar Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia Aris Merdeka Sirait di Semarang, Senin (10/8/2015).

Rachel mungkin adalah satu dari sekian anak yang terlahir dari pasangan keluarga yang kurang bahagia. Sejak orangtuanya bercerai tahun 2013, ia terpisah dari kakak lelakinya, Ritchie Anderson Tjin (6). Dua anak itu hasil dari pasangan Andy Setiawan dan Aida Mophie Chandra. Keluarga kecil itu termasuk keluarga berkecukupan. Dua bocah kecil itu merupakan cicit dari pimpinan sebuah perusahaan rokok di Indonesia.

Aris mengaku terpaksa melakukan intervensi dalam kapasitasnya ingin membantu hak anak bisa terpenuhi. Dia tak ingin masuk lebih dalam dan kemudian dianggap mencampuri urusan keluarga orang lain. Dia hanya akan meminta izin untuk mempertemukan Rachel dengan ayah dan kakak lelakinya. Cara tersebut dipandang lebih persuasif, sebelum langkah lain, sesuai ketentuan perundangan yang berlaku ditempuh.

"Terkait tindak pidana itu langkah selanjutnya. Kami ingin persuasif dulu. Prinsipnya, si adik (Rachel) ingin ketemu ayah dan kakaknya. Apa yang dilakukan ayahnya dengan tidak mau bertemu itu melanggar hak anak untuk bertemu," ucap Aris.

Sang ibu, Aida Mophie Chandram, mengakui bahwa sejak perceraiannya diproses di Pengadilan Negeri Semarang, dua anaknya mulai berpisah. Pengadilan sendiri telah menetapkan hak asuh anak dilakukan secara bersama-sama. Namun, dalam proses kasasi, hak asuh anak lelaki ikut ke pihak ayah.

"Sejak cerai dua tahun lalu, akses bertemu dengan anak yang besar (Richie) enggak bisa. Saya ingin lewat Komnas PA ingin hubungan silaturahim bisa terus terjalin," ujar ibu dua anak ini.

Dengan suara terbata-bata, Aida mengaku sangat rindu bertemu anak tertuanya itu. Setiap malam ia berdoa agar bisa bertemu dengan Ritchie dan merindukan suasana berkumpul kembali dengan anak.

"Rachel juga sama sekali tidak dinafkahi ayahnya sejak usai bercerai. Ayahnya tidak mengakui mempunyai anak perempuan ini (Rachel)," ucap Aida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com