Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Kalau Mau Jadi Orang Kaya Jangan Jadi PNS”

Kompas.com - 04/08/2015, 13:59 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Wali Kota Pematangsiantar Hulman Sitorus mengatakan, pilihan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus disertai kesiapan diri untuk setia dan taat pada penugasan. Sebab, sebagai abdi Negara, PNS harus bisa memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat, demi tercapainya tujuan pembangunan.

“PNS jangan pernah berfikir untuk jadi orang kaya. Karena kalau mau kaya bukan di sini tempatnya. Syukurilah bahwa meski pendapatan sedikit tetapi terus ada. Untuk itu bekerjalah sesuai aturan yang ada,” kata Hulman saat menyerahkan 177 Surat Keputusan (SK) Tenaga Honorer Kategori II sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (4/8/2015).

Dari 177 SK tersebut, sebanyak 88 orang di antaranya adalah SK untuk tenaga guru, 55 orang tenaga kesehatan, dan 34 tenaga teknis lainnya. 

Secara khusus, Hulman juga mengingatkan, di tengah kebijakan moratorium CPNS, Pemkot Pematangsiantar masih berkenan menuntaskan pengangkatan tenaga honorer yang memenuhi syarat. Hal ini juga merupakan kebijakan nasional dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

“Jadi, Anda merupakan orang yang sangat beruntung di tengah moratorium PNS,” kata dia.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP) Pariaman Silaen tenaga honorer Kategori II yang mendapatkan SK CPNS ini merupakan mereka yang telah memenuhi sejumlah kriteria.

Adapun kriteria itu adalah, tenaga honorer yang tidak dibiayai APBN/APBD, diangkat oleh pejabat berwenang, bekerja di instansi pemerintah. Lalu, masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005, dan masih bekerja sampai saat ini. Kemudian, berusia minimal 19 tahun dan tidak boleh melebihi usia 46 tahun per 1 Januari 2006.

Usai penyerahan SK, Hulman melakukan foto bersama sekaligus mengucapkan selamat kepada seluruh CPNS yang baru saja menerima SK. Dengan senyum sumringah serta wajah berbahagia, seluruh CPNS tampak meluapkan kegembiraannya dengan saling bersalaman. Bahkan beberapa di antaranya tampak menitikkan air mata karena terharu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com