Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Bangun Komunikasi, Kurangi Gesekan di Lapangan

Kompas.com - 30/07/2015, 11:05 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com
- Presiden RI Joko Widodo berpesan kepada para perwira Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Indonesia agar mengurangi konflik antar-prajurit. Jokowi mengatakan, para pemimpin muda harus mampu membangun komunikasi yang baik dan mampu menghindari konflik.

Pesan tersebut diberikan saat memberikan arahan dalam pelantikan para perwira di Lapangan Bhayangkara Kompleks Akademi Kepolisian Kota Semarang, Kamis (30/7/2015) (baca juga: Diiringi Atraksi 4 Pesawat TNI, Presiden Lantik 793 Perwira TNI-Polri).

Jokowi juga mengatakan, para perwira muda ini harus mampu membangun kerjasama secara lebih harmonis dan sinergis. Mereka juga diharapkan mampu membangun komunikasi saat menjalankan tugas-tugas kedinasan.

"Saya berharap bisa melakukan itu (membangun komunikasi). Jangan justru terlibat konflik, kurangi terjadi gesekan di lapangan," ujar Jokowi.

Untuk mengurangi gesekan tersebut, para perwira diharapkan mampu membangun komunitas kelembagaan maupun pribadi secara baik. Hal tersebut akan mengurangi gesekan dan konflik yang ada.

"Bangun komunitas yang baik, dan bangun kekekeluargaan antara TNI dan Polri," tambahnya.

Jokowi juga berharap, para pemimpin muda di kalangan TNI dan Polri untuk bisa membawa perubahan besar di kalangan masyarakat. Mereka harus mampu membawa perubahan di manapun saat nantinya bertugas. Suara-suara masyarakat harus didengarkan (baca juga: Presiden Ungkapkan Harapan untuk Perwira Muda TNI/Polri).

Para perwira juga dituntut mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan strategis, yakni lingkup nasional, regional dan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com