Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung 8 Parpol, Nyai Eva Siap Tantang Calon Petahana

Kompas.com - 28/07/2015, 19:26 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Jelang penutupan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Sumenep, Jawa Timur, Selasa (28/7/2015), pasangan calon Zainal Abidin dan Dewi Khalifah (ZA-EVa) datang mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep.

Sebelum mendaftar ke KPU Sumenep, pasangan ini menggelar deklarasi yang dihadiri pimpinan partai pendukung dan ratusan pendukungnya. Pasangan ini diusung oleh delapan partai politik, masing-masing Partai Demokrat, PAN, Gerindra, PKS, Hanura, PBB, Golkar, dan PPP.

Pasangan ini akan menjadi penantang kandidat yang sehari sebelumnya mendaftar ke KPU, pasangan A Busyro Karim-Achmad Fauzi.

Zainal Abidin yang mantan Kepala Badan Perencanaan Provinsi Jawa Timur mengaku terharu atas banyaknya dukungan dari parpol. Hal itu tidak diprediksi sebelumnya. Besarnya dukungan tersebut, karena adanya kesamaan visi dan misi pembangunan Kabupaten Sumenep untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas.

"Delapan parpol akan berjuang keras bersama rakyat Sumenep untuk melakukan perubahan kepemimpinan dan pembangunan ke arah yang lebih baik," ujar Zainal Abidin.

Zainal menjelaskan, ke depan Kabupaten Sumenep membutuhkan tatanan birokrasi yang bersih, butuh peningkatan pendapatan masyarakat, lebih-lebih memperkecil kesenjangan pembangunan antara Kabupaten Sumenep daratan dengan kepulauan.

"Ke depan pusat-pusat kesehatan di kepulauan harus dibangun. Selama ini, pelayanan kesehatan di kepulauan sangat minim sehingga banyak warga meninggal dan melahirkan di atas perahu untuk pergi berobat," ungkapnya.

Dewi Khalifah yang akrab dipanggil Nyai Eva berjanji akan memperkuat unsur perempuan dalam partisipasi pembangunan. Apalagi Sumenep dikenal dengan kekayaan alam yang luas, seperti minyak dan gas yang belum maksimal dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Lebih-lebih masyarakat kepulauan.

"Jika saya ditakdirkan terpilih, maka harus ada rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati di kepulauan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Ini adalah kali kedua Nyai Eva mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Sumenep. Pertama tahun 2010 lalu, Nyai Eva bergandengan dengan Asazi Hasan. Namun akhirnya kandas setelah melewati pertarungan sengit melawan A Busyro Karim-Sungkono Sidik dalam tiga kali putaran pemilihan. Kini Nyai Eva kembali bertarung melawan Busyro Karim untuk yang kedua kalinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com