Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kompak dengan NU, PKB Dukung Calon Petahana

Kompas.com - 28/07/2015, 18:23 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Setelah gagal mengajukan calon, PKB akhirnya mengalihkan dukungan kepada Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko, pasangan incumbent yang kembali maju pada pilkada yang akan di gelar pada Desember 2015. Hal tersebut diungkapkan Khusnan Abadi, Sekertaris DPC PKB saat ditemui, Selasa (28/7/2015), di Kantor KPU Banyuwangi.

"Karena urusan pilkada adalah urusan DPP sebagai induk partai maka kami patuh atas keputusan DPP untuk memberikan dukungan kepada pasangan Anas Yusuf. Intinya PKB ingin kompak dengan NU," ujar Khusnan.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Thoriqul Haq.DPP PKB telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor 5592/DPP-03/VI/A.2/VII/2015 yang menetapkan dukungan untuk pasangan Anas dan Yusuf.

"PKB adalah partai yang dilahirkan oleh NU. Dalam Pilkada Banyuwangi, ada beberapa kader NU yang maju, sehingga kami tidak ingin antarkader ini pecah. Demi soliditas dan memenuhi arahan dari para kiai, PKB akhirnya memutuskan mendukung pasangan Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko,” ucapnya seperti dikutip dari rilis yang diterima.

Selain itu, berdasarkan survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Anas cukup besar dalam berbagai simulasi pemilihan, baik ketika pemilihan diikuti sejumlah pasangan calon maupun ketika Pilkada diikuti hanya oleh dua pasangan calon (head to head). Elektabilitas Anas berdasarkan survei LSI mencapai 81 persen.

”Tentu survei menjadi salah satu pertimbangan bagi PKB untuk memutuskan arah dukungan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com