Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Pendaki Terekam Kamera CCTV Mendekat ke Puncak Merapi

Kompas.com - 28/07/2015, 17:05 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Kamera CCTV milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) merekam aktivitas pendakian sejumlah orang di kawasan puncak Gunung Merapi sisi utara, Selasa (28/7/2015).

Padahal, BPPTK sudah memperingatkan kepada para pendaki agar pendakian hanya sampai di Pasar Bubrah. Namun, kenyataannya, ada beberapa pendaki yang ngotot nekat sampai dekat puncak atau kawah Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG, IGM Agung Nandaka, merekomendasikan pendakian hanya sampai di Pasar Bubrah, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

"Kondisi morfologi di puncak yang tidak stabil dan mudah longsor sangat berbahaya bagi pendaki," ujar staf BPPTK seksi Merapi, Kholiq, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Berdasarkan hasil evaluasi data pemantauan Gunung Merapi secara instrumental dan visual, disimpulkan bahwa aktivitas Merapi dalam status normal. Dikabarkan Kholiq, pukul 08.27, visual Merapi dari Pos Gunung Merapi Jrakah, Boyolali, cerah. Suhu 18 derajat celcius, kelembaban 76 persen, dan tekanan udara 874,5 hpa, angin tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com