Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis, Jokowi Lantik Ratusan Perwira Remaja TNI-Polri di Semarang

Kompas.com - 26/07/2015, 20:18 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik ratusan perwira dari instansi Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian. Pelantikan akan digelar bersama-sama di Kompleks Akademi Kepolisian di Semarang, Kamis (30/7/2015) mendatang.

Komandan Jendral Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Mayor Jendral Harry Purdianto di Semarang mengatakan, para perwira yang dilantik adalah mereka yang telah menyelesaian pendidikan selama empat tahun di kesatuan masing-masing.

Mereka digembleng pendidikan secara fisik dan akademis untuk kemudian dinyatakan lulus. "Bapak Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Komisaris Besar Iswyoto Agoeng," kata Jendral bintang dua tersebut, Minggu (26/7/2015).

Ratusan perwira remaja yang akan dilantik bersama-sama tersebut adalah dari Akademi Militer Angkatan Darat di Magelang sebanyak 215 orang, Akademi Angkatan Laut di Surabaya sebanyak 100 perwira, Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta sebanyak 89 perwira dan 389 perwira Akademi Kepolisian di Semarang.

Setelah menjalani masa pendidikan, tambah Harry, para perwira tersebut juga akan diberi gelar letnan dua (Letda) untuk perwira dari TNI dan inspektur polisi dua (Ipda) dari unsur kepolisian.

"Mereka juga akan diberikan gelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.T.Han) dan Sarjana Terapan Kepolisian (S.T.K)," ucapnya.

Dari angkatan sejumlah matra tersebut, masing-masing instansi juga akan memberikan anugerah Adhi Makayasa pada sejumlah perwira menonjol.

Penerima Andi Makayasa dipilih berdasarkan kemampuan fisik terbaik, kemampuan akademis yang menonjol, dan mental atau kepribadian yang baik selama menjalani masa pendidikan.

Anugerah Adhi Makayasa dari Akmil diperoleh Letda Angger Panduyuda, Letda Yudistira dari Angkatan Laut, Letda Tek Dito Sigit Kuncoro dari angkatan udara dan Ipda Fauzi Pratama dari Akademi Kepolisian.

Selain Danjen Akademi TNI tersebut, Gubernur di matra masing-masing juga hadir. Antara lain, Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Sumardi, Gubernur ALL Mayor Jenderal TNI Guntur I.C Lelono, Gubernur AAU Marsda TNI Abdul Muiz dan Gubernur Akpol Pudji Hartanto Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com