Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergandengan Tangan Menjaga Kedamaian Tanah Tolikara

Kompas.com - 23/07/2015, 15:00 WIB

TOLIKARA, KOMPAS - Situasi mencekam pasca insiden di Karubaga, Kabupaten Tolikara, pada 17 Juli 2015 telah berlalu. Seluruh warga bersatu dan mengusung semangat Kumbiwaruwok yang berarti bergandengan tangan demi perdamaian selamanya di wilayah Lembah Toli itu.

Rabu (22/7), sekitar pukul 10.00 WIT, suhu udara di Karubaga sekitar 20 derajat Celsius. Jika malam hari sampai pagi terutama pukul 23.00-07.00 WIT, suhu udara berkisar 10-14 derajat celsius. Suhu seperti itu selalu terjadi di semua wilayah pegunungan tengah Papua, seperti Puncak dan Lanny Jaya.

Pagi itu, sekitar 200 orang terdiri warga asli Papua yang juga aktivis gereja setempat bersama umat Muslim dan aparat TNI/Polri di Tolikara memadati sebuah lahan seluas 15.000 meter persegi. Di tempat itu, masih ada sisa puing-puing bangunan 54 kios dan sebuah mushala yang dibakar sekelompok warga pada Jumat lalu.

Mereka bersama-sama membersihkan puing-puing sisa bangunan, mengangkat seng dan sisa kayu yang terbakar. "Saya sangat senang kami bisa beraktivitas bersama lagi. Inilah kehidupan kami di Tolikara yang sebenarnya," ujar Lince Wenda (29), aktivis gereja setempat.

Aki Yikwa, warga asli Tolikara lainnya, juga turut terlibat dalam kegiatan itu. Perempuan 67 tahun itu tampak sibuk mengangkat puing-puing dari bangunan kios yang terbakar.

Kios milik Aki juga terbakar. Ia tak sempat menyelamatkan uang Rp 25 juta yang tersimpan di dalam kios. Saat kejadian itu, Aki masih menyiapkan kue di rumahnya. Namun, nenek empat cucu ini tidak dendam kepada pelaku pembakaran. Ia berharap kedamaian di Tolikara langgeng selamanya. "Setiap hari saya menjual berbagai jenis kue di tempat ini. Menurut rencana, saya mau menabung uang itu di bank. Namun, nasib saya kurang beruntung. Yang penting, perdamaian telah tercapai dan saya ingin kembali berjualan kue," ujar Aki.

Suryadi (23), warga lainnya juga menyatakan hal serupa. Pedagang pakaian asal Bone, Sulawesi Selatan, ini mengadu nasib di Tolikara sejak 2008. Pemuda ini meyakini musibah itu sudah digariskan Tuhan. "Saya berharap pihak-pihak di luar Tolikara tak lagi membuat masalah baru karena insiden ini sudah terselesaikan," ujarnya.

Minta maaf

Semangat warga Tolikara untuk membangun rekonsiliasi tidak berhenti seusai kerja bakti. Ketua Gereja Injili di Indonesia (GIDI) Cabang Tolikara Nayus Wenda dan Ustadz Ali Muchtar selaku perwakilan dari ratusan pengungsi dipertemukan Bupati Usman Wanimbo di lokasi tersebut. Keduanya saling berpelukan erat dan mengucapkan janji untuk menjaga perdamaian di Tolikara. Suasana haru menyertai momen itu.
"Saya selaku pimpinan dari 274 gereja di Tolikara menyampaikan permintaan maaf bagi seluruh warga yang terganggu. Kejadian ini sungguh di luar dugaan kami. Sebab, seluruh warga di sini meski berbeda agama telah hidup berdampingan dengan damai selama puluhan tahun," kata Nayus.

Ali pun mengharapkan, seluruh umat Muslim di seluruh Nusantara tak boleh lagi mengeluarkan komentar negatif dan mengambil tindakan balas dendam. Sebab, seluruh masyarakat di Tolikara telah bersatu.

Minim komunikasi

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Al Fatah Jayapura Suparto Iribaram mengatakan, penyebab utama insiden itu adalah minimnya komunikasi antarbudaya.

"Karakter masyarakat Papua akan memperjuangkan sesuatu yang diyakininya. Ketika sedang melaksanakan konferensi, kemungkinan besar mereka sama sekali tidak mengetahui tata cara dan betapa penting makna shalat Id bagi kaum Muslim," ujar Suparto.

Ia pun menuturkan, ajaran GIDI lahir di Tolikara. Itulah membuat mereka begitu dominan mempertahankan keyakinannya. "Sikap mereka seperti mencontohi daerah lain di Indonesia, misalnya Aceh yang dijuluki 'Serambi Mekkah'. Seharusnya media massa tak membuat pemahaman sepihak atas insiden ini," katanya.

Bahkan, dalam pandangannya, ketimpangan ekonomi bukanlah pemicu utama terjadinya insiden itu. "Justru masyarakat setempat sangat membutuhkan para pedagang ini agar tidak kekurangan bahan kebutuhan pokok," tambahnya.

Bupati Tolikara Usman Wanimbo menilai toleransi beragama di Tolikara telah terpelihara sejak puluhan tahun. "Kami telah hidup rukun dan harmonis bersama kaum Muslim sejak tahun 1989. Insiden ini hanya terjadi dua jam. Namun, banyak pihak yang sengaja membesar- besarkan masalah ini," ujarnya. (FABIO M LOPES COSTA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 23 Juli 2015, di halaman 4 dengan judul "Bergandengan Tangan Menjaga Kedamaian Tanah Tolikara".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com