Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Ambon yang Damai, Pimpinan Agama Tanda Tangani Kesepahaman

Kompas.com - 22/07/2015, 13:43 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Berbagai cara dilakukan Pemerintah Provinsi Maluku dan TNI/Polri di daerah tersebut untuk mencegah ekses kerusuhan di Tolikara, Papua, agar tidak berimbas ke Kota Ambon.

Salah satu caranya yakni dilakukannya penandatanganan kesepahaman untuk tetap menjaga perdamaian di wilayah tersebut. Penandatanganan itu berlangsung di Aula Kodam XVI Pattimura dan dilakukan pimpinan MUI Maluku, Uskup Diosis Amboina, dan pimpinan Gereja Protestan Maluku (GPM).

Selain pimpinan umat beragama, Sekretaris Daerah Maluku Ros Far-Far, Kepala Kanwil Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad, dan semua rektor di Maluku juga ikut menandatangani kesepakatan tersebut. Kesepakatan itu juga ditandatangani oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen Wiyarto dan Kapolda Maluku Brigjen (Pol) Murad Ismail serta perwakilan tokoh masyarakat.

Kesepakatan untuk menjaga perdamaian di Maluku itu dibacakan oleh Sekda Maluku Ros Far-Far mewakili semua tokoh masyarakat, tokoh agama, dan semua pihak yang membuat kesepakatan.

Sejumlah butir kesepakatan yang ditandatangani itu di antaranya bersepakat untuk terus menjalin persaudaraan dan silaturahim antarumat beragama. Dalam kesepakatan bersama itu juga disepakati agar kondisi keamanan di masyarakat akan dijaga secara bersama-sama sehingga Maluku tetap aman, damai, dan sejahtera.

”Bersepakat untuk menjaga persaudaraan dan silaturahim antarumat beragama serta menjaga keamanan di masyarakat secara bersama sehingga suasana aman dan damai tetap dirasakan warga tanpa terkecuali,” kata Ros saat membacakan pernyataan tersebut.

Seusai membacakan kesepakatan itu, para pimpinan umat beragama, pimpinan TNI/Polri, dan semua pihak yang terlibat dalam kesepakatan itu kemudian saling berangkulan satu sama lain.

Sebelumnya, saat menyampaikan sambutannya, Ros mengaku bahwa penandatanganan untuk menjaga Maluku agar tetap damai adalah upaya untuk menepis berbagai isu yang belakangan berembus di masyarakat. Dia juga meminta agar semua pihak dapat mendukung sepenuhnya tugas aparat TNI/Polri dalam menjaga situasi keamanan di Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com