Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet 8 Km, Bekasi-Cikopo yang Biasa Ditempuh 1 Jam Jadi 4,5 Jam

Kompas.com - 15/07/2015, 10:09 WIB
Heru Margianto

Penulis

CIKOPO, KOMPAS.com — Antrean kendaraan yang akan masuk ke Gerbang Tol Cipali, Jawa Barat, Rabu (15/7/2015) pagi, sekitar pukul 09.15, mengular hingga 8 kilometer. Kemacetan terjadi sejak Km 70.

Sementara itu, di sepanjang ruas Tol Cikampek menuju Tol Cipali, kemacetan terjadi di semua tempat istirahat (rest area), seperti di Rest Area Km 19 dan Km 33.

Di setiap rest area, jumlah kendaraan melebihi kapasitas ruang parkir. Banyak kendaraan akhirnya diparkir di pinggir jalan tol. Akibatnya, laju kendaraan lainnya semakin tersendat.

Kemacetan di Tol Cikampek berdampak hingga Tol Lingkar Luar Jakarta. Di Jati Asih, kendaraan dialihkan ke luar tol. "Di Jati Asih dialihkan ke luar tol, ke arah Pondok Kelapa, lalu habis itu masuk tol lagi," kata Intan, pemudik yang hendak menuju Gunung Kidul, Jawa Tengah.

Intan berangkat dari rumahnya di kawasan Rempoa sekitar pukul 05.30 WIB. Ia membutuhkan waktu 4,5 jam untuk sampai Jati Asih. Biasanya, waktu perjalanan tersebut tak lebih dari 45 menit. Sementara itu, dari Bekasi, Kompas.com membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam untuk mencapai Gerbang Tol Cikopo. Biasanya, Bekasi-Cikopo ditempuh dalam waktu satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com