Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Erupsi, 42 Penerbangan dari Lombok Dibatalkan

Kompas.com - 10/07/2015, 14:36 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Sebanyak 42 penerbangan domestik dan 5 penerbangan internasional di Bandara Internasional Lombok (BIL) dibatalkan menyusul erupsi Gunung Raung.

Berdasarkan data resmi otoritas bandara, ada tujuh maskapai penerbangan tujuan Jakarta, Ujung Pandang, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Sumbawa dan Bima yang batal berangkat, di antaranya 14 penerbangan Garuda Indonesia, 16 penerbangan Lion Air, 5 penerbangan Wings Air, 3 penerbangan Citilink dan 3 penerbangan Batik Air.

Sementara itu, untuk penerbangan internasional, ada lima penerbangan dengan tujuan Kuala Lumpur dan Singapura. Lebih dari 3.000 penumpang pesawat batal berangkat.

"Teman-teman airline sudah saya kumpulkan, kami sepakat untuk tidak ada penerbangan hari ini." kata General Manager Angkasa Pura I Pujiono.

Dia mengatakan, pembatalan penerbangan dilakukan demi keamanan penerbangan. Meski tidak mengganggu jarak pandang, namun jika penerbangan dipaksakan dikhawatirkan butiran-butiran debu vulkanik akan masuk ke mesin pesawat dan mengganggu penerbangan.

"Mesin pesawat itu kan perlu udara yang bersih," kata Pujiono.

Rencananya, bandara akan kembali dibuka pukul 21.30 Wita. Tapi hal ini belum bisa dipastikan mengingat aktivitas Gunung Raung terus meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com