Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Internasional Lombok Lumpuh

Kompas.com - 10/07/2015, 11:21 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Bandara Internasional Lombok (BIL) di Nusa Tenggara Barat (NTB) ditutup akibat pengaruh penyebaran debu vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur. Penutupan ini menyebabkan penerbangan dari dan menuju BIL lumpuh.

"Dari pukul 06.10 Wita tidak ada penerbangan. Tidak diizinkan terbang karena debu vulkanik Gunung Raung," kata staf Humas Angkasa Pura I BIL, Gede Eka Sandi, Jumat (10/7/2015).

Eka mengatakan, bandara akan dibuka pada pukul 09.30 Wita. Namun, karena kondisi alam yang belum memungkinkan, waktu penutupan bandara ditambah hingga pukul 21.30 Wita. Akibat penutupan bandara ini, tidak ada aktivitas penerbangan dari dan menuju Lombok.

Beberapa maskapai, seperti Garuda, Citilink, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, batal diberangkatkan. "Kami belum bisa pastikan berapa penerbangan yang dibatalkan akibat ini, masih dihitung," kata Eka.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, para penumpang yang sedianya akan terbang hari ini terpaksa tidak bisa berangkat. Antrean panjang pun tampak di loket-loket maskapai penerbangan.

Eka mengatakan, saat ini pihak bandara dan maskapai masih fokus melayani penumpang yang akan mengembalikan tiket dan jadwal ulang keberangkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com