Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiah Ridwan Kamil untuk Warga Bandung

Kompas.com - 03/07/2015, 22:27 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
- Dalam waktu dekat, peletakan batu pertama (ground breaking) jalan interchange KM 149 Purbaleunyi akan segera dilakukan. Hal itu akan menjadi pembuka proyek besar infrastruktur di Kota Bandung.

"Ground breaking akan dilakukan Jumat pekan depan," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jumat (3/7/2015).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menyampaikan, peletakan batu pertama KM 149 hanya sebagian kecil proyek infrastruktur yang dilakukan Kota Bandung.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan pembebasan lahan untuk jalan layang (fly over) Kopo. Ada pula rencana pembangunan (underpass) bundaran Cibiru.

Tak hanya itu, pemerintah kota Bandung juga akan mengaktifkan kembali program Bandung Inter Urban Tol Road (BIUTR). Yakni jalan layang yang menghubungkan Pasteur-Ujungberung-KM 149.

"Kombinasi itu yang akan membuat Bandung awal 2016 nanti sibuk dengan proyek infrastruktur jalan di Kota Bandung. Ini hadiah buat warga Bandung. Fly over, underpass akan disiapkan," tuturnya.

Untuk proyek-proyek tersebut, dana yang dibutuhkan hampir Rp1 triliun. Dana berasal dari APBN dan untuk pembebasan tanah menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat.

Dengan kombinasi proyek ini, banyak manfaat yang akan diperoleh warga Bandung. Di antaranya, pergerakan menjadi efisien, macet berkurang, sehingga produktivitas ekonomi meningkat.

Bahkan, warga Gedebage bisa langsung ke Jakarta tanpa harus berputar terlebih dahulu. Begitupun setelah ada flyover dan underpass di Cibiru, masyarakat yang pergi dari arah timur tidak perlu melalui macet, sehingga hidup lebih banyak untuk bekerja. Ujung-ujungnya, kesejahteraan akan meningkat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com