Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tak Tahu jika Status Gunung Raung Jadi Siaga

Kompas.com - 29/06/2015, 15:20 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Warga yang berada di dekat Gunung Raung, tepatnya di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Jember, Jawa Timur, mengaku tidak tahu-menahu jika saat ini status gunung itu kini sudah dinaikkan dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga).

"Saya enggak tahu kalau statusnya sudah naik," ucap Kepala Dusun Gunung Timur, Desa Rowosari, Haerul, Senin (29/6/2015).

Dia mengaku baru mengetahui status Gunung Raung telah naik justru dari wartawan yang mewawancarainya. "Saya baru tahu dari sampean," kata dia.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Pardi, juga mengakui hal yang sama. "Saya belum tahu kalau sudah naik, la wong belum ada pengumuman dari pemerintah," kata dia.

Pardi lantas meminta kepada pemerintah untuk segera turun ke lapangan, menyosialisasikan mengenai peningkatan status Gunung Raung tersebut. "Agar warga tidak terpengaruh dengan isu-isu yang menyesatkan," kata dia.

Sejak pukul 09.00 WIB tadi, status Gunung Raung yang berada di wilayah Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, sudah dinaikkan dari level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga). Peningkatan status Gunung Raung tersebut seiring dengan aktivitas kegempaan di gunung api tersebut yang mengalami peningkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com