Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngabuburit" Perdana, Silakan Mancing di Danau Sekitar Pendopo Kantor Bupati

Kompas.com - 18/06/2015, 13:10 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, pihaknya mulai Rabu (17/6/2015), kemarin telah membebaskan semua warga di wilayah Kabupaten Tasikmalaya untuk ikut memancing ikan di sebuah danau kawasan Pendopo Baru Lingkungan Perkantoran Setda Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak siang ini, terlihat ratusan warga yang terus berdatangan ke lokasi sekaligus memanfaatkannya sebagai ajang Ngabuburit hari pertama puasa di bulan Ramadhan tahun ini.

"Alhamdulilah kita semua bisa bertemu bulan suci Ramadhan lagi. Ini sebenarnya agenda rutinan kami mancing gratis di danau Pendopo. Kebetulan ini hari pertama Puasa dan untuk ngabuburit sambil mancing di sini," ujar Uu, Kamis (18/6/2015).

UU berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahmi antara para pegawai pemerintah dengan warga secara langsung melalui ngabuburit dengan mancing gratis di Pendopo. Dirinya pun tidak mau ada sekat yang sangat jauh antara kepala daerah, pejabat dengan masyarakat.

Sebagian besar masyarakat yang hadir ke acara mancing gratis ini adalah warga sekitar yang standar ekonominya sangat kurang dan memiliki hobi memancing.

"Nunggu nanti buka puasa, ngabuburit mancing, juga bisa dapat ikan untuk dibawa ke rumah dan dimasak sebagai lauk buka puasa," kata Uu.

Uu pun meyakini dengan datangnya bulan puasa ini jalinan silaturahmi antara masyarakat dan para pegawai pemerintahan akan selalu terjaga dan saling menghormati. Dengan demikian, terciptanya pemerintahan yang bisa mensejahterakan rakyatnya akan mudah terwujud dan tepat sasaran.

"Ini salah satu cara Pemkab Tasikmalaya menjaga komunikasi dengan warganya secara langsung. Ya seperti ini bisa dengan mancing bersama di sini ramai-ramai," kata dia.

Selain acara mancing gratis di Pendopo, wilayah hijau perkantoran Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki luas area sampai 8 hektar tersebut, biasanya tiap sore di bulan Ramadhan dipakai para pedagang makanan dadakan.

Pengunjung pun akan semakin ramai menjelang buka puasa, dan biasanya berkumpul di sekitar Masjid Agung Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Jalan Bojong Koneng, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com