Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Lamaran Gibran, Keluarga Jokowi Jalan Kaki ke Rumah Selvi

Kompas.com - 09/06/2015, 09:26 WIB
Sabrina Asril

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Proses pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (28), dan Selvi Ananda (26) akan dimulai hari ini, Selasa (9/6/2015). Berdasarkan tradisi Jawa, Gibran harus terlebih dulu melakukan proses tembungan (lamaran) bersama keluarga besarnya kepada keluarga Selvi.

Tidak ada arak-arakan besar-besaran pada prosesi lamaran ini. Gibran bersama keluarga besar Jokowi akan berjalan kaki ke rumah Selvi. Rumah kedua mempelai tidak jauh.

"Mas Gibran, Pak Jokowi, akan jalan kaki ke rumah Mbak Selvi untuk melakukan tembungan," ujar Koordinator Media Center Pernikahan Gibran-Selvi, Quirinto Endhi, saat dihubungi Selasa pagi.

Acara akan dimulai pada pukul 19.00. Acara lamaran ini hanya akan diikuti oleh keluarga besar kedua calon pengantin. Tidak ada tamu di luar keluarga yang ikut proses tersebut.

Begitu tiba di rumah Selvi, keluarga Gibran akan menyampaikan maksud kedatangan mereka untuk meminang Selvi. Jawaban dari keluarga Selvi bisa langsung disampaikan saat itu juga atau pada malam harinya.

"Tidak ada seserahan yang dibawa, cukup penyampaian maksud melamar saja. Seserahan baru akan dibawa pada saat peningset keesokan harinya," kata Rinto.

Menurut Rinto, persiapan proses lamaran sudah siap 100 persen. Maka dari itu, Presiden Jokowi yang tiba di Solo hari ini tidak akan sibuk memeriksa lagi lokasi acara ataupun vendor pernikahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com