Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samarinda: Ruang Publik Mulai Tumbuh

Kompas.com - 05/06/2015, 15:00 WIB


Oleh Lukas Adi Prasetya

Ruas jalan sepanjang tepian Sungai Mahakam, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, ramai oleh hilir-mudik kendaraan, Rabu (27/5) sore. Jam perkantoran usai dan saatnya ruang-ruang publik di sepanjang tepian sungai didatangi warga untuk sejenak bersantai.

Motor-motor dan mobil mulai terparkir di pinggir jalan. Penjual keliling, seperti bakso, es campur, dan cimol, mulai menyiapkan gerobak mereka, memasang payung peneduh dan menggelar tikar. Beberapa anak muda tampak bergerombol dan ada pula yang bersepeda.

Mereka "ditemani" beberapa lampu lampion berbentuk satwa, seperti beruang madu dan orangutan. Juga sejumlah lampion berbentuk bunga seperti kantung semar raksasa yang menjuntai dari atas pohon. Menjelang petang, para "satwa" dan "tanaman" ini akan menyala.

Di salah satu sudut tepian Mahakam, yakni seberang Islamic Center, gazebo-gazebo yang dicat biru-krem dan luasnya hanya sekitar 3 meter x 3 meter, satu demi satu terisi orang. Sebagian lainnya duduk santai di kursi-kursi taman yang dicat warna-warni.

Bergeser ke lokasi lain tetapi masih di tepian, yakni Teluk Lerong Garden, terlihat lampion berwujud ikan pesut, ikan "Nemo", dan bunga matahari. Raisa, mahasiswi IAIN Samarinda, bersama seorang kawannya, menikmati sore yang teduh sembari mengobrol.

Pemandangan sore itu di tepian adalah hilir-mudik aneka kapal, mulai dari kapal kayu bermesin atau kelotok, kapal pengangkut BBM, hingga ponton pengangkut batubara. Di kejauhan terlihat Jembatan Mahakam, penghubung Samarinda dengan Samarinda seberang.

Semarak tepian tambah benderang ketika lampu-lampu yang berbentuk ikan pesut di sepanjang jalan mulai menyala. Namun, keramaian tak hanya di tepian Mahakam karena Taman Cerdas, satu ruang publik lain di tengah kota, juga mulai didatangi warga.

Mina, warga Sempaja Samarinda, membawa anaknya, Eki yang masih balita, malam itu. Eki bermain gembira, menjajal perosotan dan jungkat-jungkit. "Kebetulan tadi ada acara dan pulangnya melewati taman ini, sekalian mampir. Biar Eki senang," kata Mina.

Anak-anak juga punya teman berupa patung yang tersebar di penjuru Taman Cerdas. Ada si Mickey Mouse, Hello Kitty, Doraemon, hingga gajah. Di tengah taman, terdapat kolam air mancur dengan tiga patung ikan pesut-satwa khas Sungai Mahakam-di tengah-tengahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com