Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Nyaris Ambruk, 80 KK Terancam Terisolasi

Kompas.com - 03/06/2015, 19:13 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com — Satu-satunya akses transportasi dari desa yang berpenghuni 80 kepala keluarga (KK), yakni jembatan gantung menuju ke luar desa di Dusun Alue Ue, Desa Bale Panah, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, terancam ambruk.

Berdasarkan informasi, Rabu (3/6/2015), jembatan gantung yang sepenuhnya terbuat dari kayu itu sudah sangat lapuk sehingga warga harus berhati-hati untuk melintasinya, apalagi pada malam hari. Warga mengeluh sulit beraktivitas, terutama menurunkan hasil kebun untuk dijual ke pasar.

Kepala Desa Bale Panah mengatakan, kerusakan paling parah di jembatan ialah lapuknya badan jembatan sejumlah delapan lembar papan.

"Senin kemarin jebol sehingga sulit kami lintasi. Kalau tidak ditangani segera kami khawatir jatuh korban yang melintasinya," ujar kepala desa.

Dia mengaku tidak mungkin mengandalkan swadaya masyarakat mayoritas miskin di sana. Satu-satunya harapan adalah turun tangannya Pemkab setempat melalui dinas terkait.

"Kami butuh sekali perbaikan jembatan ini, kalau bisa dibangun permanen," ujarnya via telepon seluler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com