Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Pendaki yang Tersesat di Merbabu Ditemukan

Kompas.com - 29/05/2015, 12:02 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


BOYOLALI, KOMPAS.com — Tim Search and Rescue (SAR) di Boyolali, Jawa Tengah, menemukan enam pendaki yang sempat tersesat di Gunung Merbabu, Jumat (29/5/2015) sekitar pukul 02.00 WIB. Enam pendaki tersebut terdiri dari lima anggota Pramuka dan satu pendaki umum.

Pada pukul 06.00 WIB, Koordinator SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, menyatakan bahwa operasi pencarian enam pendaki di Gunung Merbabu resmi ditutup.

Anggota Tim SAR langsung bergerak setelah mendapat informasi bahwa enam pendaki tersesat pada Kamis (28/5/2015) malam.

"Pencarian enam pendaki, lima pendaki tersesat dan satu pendaki yang sakit, sudah berhasil dievakuasi sekitar pukul 02.00 WIB. Operasi resmi ditutup," kata Fajar saat dikonfirmasi.

Seperti diberitakan, lima anggota unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Boyolali, semuanya warga Sambi, Boyolali, dikabarkan tersesat.

Lima pendaki naik ke Merbabu pada hari Rabu malam. Salah satu dari kelima pendaki, Riski, sempat memberi informasi kepada Tim SAR kalau sudah tersesat.

Setelah itu, Tim SAR tidak bisa lagi mengontak Riski. Selain Riski, empat rekannya adalah Mugni, Danang, Wahyu, dan Ahmad.

"Riski berhasil kontak basecamp dan memberitahukan rombongannya tersesat," kata Riski.

Selain lima pendaki, tim juga berhasil mengevakuasi pendaki asal Sleman, DIY, yang sakit saat berada di lereng Merbabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com