Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Sukses Darwati, Sang PRT yang Jadi Wisudawati Terbaik

Kompas.com - 20/05/2015, 17:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com
– Jika menilik keseharian Darwati (23), maka tak heran pembantu rumah tangga itu bisa menjadi salah seorang wisudawati terbaik di kampus Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang (baca juga: Cerita Darwati, Wisudawati Terbaik yang Kerja Jadi PRT).

Darwati memiliki kebiasaan belajar yang baik. Setiap malam, dia selalu menyempatkan diri untuk belajar, meski sebagian besar waktunya habis untuk melayani sang majikan.

Gadis berparas cantik itu meyakini, untuk bisa memperolah indeks prestasi yang baik, tidak ada jalan kecuali dengan belajar. Setiap malam sesuai maghrib, dia selalu menyempatkan untuk belajar apa pun. Jika sang majikan memanggil, ia akan meninggalkan belajarnya.

Agar belajarnya maksimal, waktu yang paling tepat ketika sang majikan yang merupakan Pejabat Pemkab Grobogan telah tidur. Pukul 21.00 WIB ke atas, adalah waktu bebasnya untuk bisa belajar dan berkonsentrasi.

“Belajarnya kalau pas waktu senggang saja, kadang habis maghrib sambil nungguin bos kalau manggil. Kadang di atas jam 9 malam agar biar konsentrasi,” ucap Darwati, Rabu (20/5/2015).

Tidak jarang juga ketika sang majikan memanggil, dia sedang asyik belajar. Kendati demikian, sang majikan bisa memahami jika Darwati terlambat datang memenuhi panggilan. Putri dari pasangan buruh tani, Sumijan dan Jasmi itu usai lulus dari kampus masih belum menentukan pilihan.

Sembari menunggu usaha, kini ia masih menjadi pembantu rumah tangga di Grobogan. Darwati mengaku sangat bangga karena bisa merealisasikan mimpinya tersebut. Apalagi, orangtuanya sudah sangat lama menanti agar ia cepat lulus.

Tetapi, yang teringat darinya adalah usaha kerasnya. Ketika dia didapuk sebagai salah satu sarjana terbaik hingga naik di atas podium, usaha keras itu tidak sia-sia atau terbayarkan.

“Saya bisa kuliah, bisa kumpul dan nambah temen. Bisa nambah ilmu dan pengetahuan juga. Saya juga tahu gimana susahnya cari uang dan sekarang bisa mendapatkan hasil,” imbuhnya.

Sebelumnya, gadis asal desa Gunungan Rt 02/1 Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah itu masuk dan menjadi sarjana terbaik di jurusan administrasi bisnis di kampus tersebut. Ia meraih predikat cum laude dengan indeks prestasi komulatif 3,68. Orangtua, keluarga besarnya hingga majikan di tempatnya bekerja ikut bangga dengan keberhasilan Darwati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com