Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Kapal Perang Disiagakan untuk Pengamanan ICMM di Bali

Kompas.com - 17/05/2015, 12:24 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) disiagakan untuk mengamankan acara 41st ICMM (International Committee on Military Medicine) World Congress on Military Medicine atau Kongres Internasional Kesehatan Militer. Acara ini akan diselenggarakan pada 18-22 Mei 2015 di Nusa Dua, Bali.

“Ada empat KRI yang kini tiba di Bali. KRI itu kan rutinitas melakukan patroli dari Koarmatim (Komando Armada RI Kawasan Timur). Berhubung di Bali ada acara kongres kedokteran militer, maka diperbantukan untuk melakukan pengamanan,” kata Komandan Pangkalan Angkatan laut (Lanal ) Denpasar, Letkol Laut (P) Bambang Trijanto di Nusa Dua, Bali, Minggu (17/5/2015).

Danlanal Bambang menjelaskan bahwa keempat KRI itu adalah KRI Tongkol, KRI Weling, KRI Jhon Lee dan KRI Halim Perdanakusuma. Pasukan keamanan dari Pangkalan Angkatan laut (Lanal) Denpasar berjumlah 180 personel yang akan mengawasi kawasan perairan Bali, khususnya di Teluk Benoa yang berdekatan dengan lokasi acara.

Selain KRI yang bersiaga melakukan pengamanan, diterjunkan juga 1 kapal Katamaran, 2 rubberboard, 2 kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamal), dan 1 kapal Pandangan.

“KRI akan berada di Bali hingga selesai acara, khususnya ini untuk pengamanan VVIP. Sementara kapal patroli bertugas untuk memantau perairan dekat lokasi acara terutama perairan di bawah jalan tol yang cukup rawan,” ucapnya.

Hari ini, Minggu (17/5/2015), sudah dilakukan gelar pasukan gabungan TNI-Polri di Lapangan Lagoon Nusa Dua Bali yang dipimpin oleh Kapolda Bali Irjen Pol Ronny Franky Sompie selaku Wakil Komando Operasional Pengamanan VVIP.

Pasukan pengamanan VVIP akan mengerahkan 1.800 personel gabungan. Acara itu akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin 18 Mei 2015 besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com