Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Kakek 76 Tahun Rela Berpanas-panasan di Atas Kursi Roda demi Jokowi

Kompas.com - 04/05/2015, 13:07 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Kehadiran Presiden Joko Widodo di Balai Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, menyita perhatian ratusan warga. Mereka, tua-muda bahkan anak-anak, rela berdiri di pinggir jalan untuk dapat melihat orang nomor satu di Indonesia ini.

Namun, seorang pria tua yang duduk di atas kursi roda ditemani sang istri di pinggir jalan, tepatnya di depan Balai Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, menyita perhatian. Meski panas terik matahari menyengat, pria tua bersama istrinya ini tak beranjak dari tempatnya.

FX Lasiran (76) namanya. Dia adalah pensiunan guru sekolah dasar (SD). Keterbatasannya secara fisik tak menyurutkan niatnya untuk bisa melihat langsung Presiden Joko Widodo.

"Dia ingin melihat kondisi saat Presiden Joko Widodo ke sini," ujar Bernadeta (72), istri Lasiran, saat ditemui, Senin (4/5/2015).

Mendengar keinginan suaminya itu, Bernadeta lantas mengambil kursi roda. Sejak beberapa tahun lalu, suaminya sudah tidak kuat lagi berjalan.

"Pagi tadi sudah ingin melihat. Tadi saya pegangi dari depan rumah, tetapi dia tidak puas, ingin mendekat," katanya.

Bernadeta pun mengantarkan suaminya dengan mendorong kursi roda hingga di seberang Jalan Balai Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Bernadeta tampak beberapa kali bertanya apakah Lasiran mau berteduh ke belakang. Saat ditanya, dia menjawab ingin tetap berada di pinggir jalan.

"Keinginannya kuat, dia ingin melihat langsung Presiden Jokowi," ucapnya.

Saat iring-iringan rombongan Jokowi tiba, Lasiran tampak tersenyum. Bernadeta sekali lagi bertanya apakah Lasiran sudah puas. Suaminya pun menganggukkan kepala.

Seperti warga lainnya, Lasiran beserta Bernadeta rela menunggu di pinggir jalan sampai Jokowi meninggalkan lokasi. Bahkan, ketika Jokowi keluar dan menyalami warga, ada seseorang yang meminta izin kepada petugas keamanan agar Lasiran diperbolehkan mendekat.

Namun, niat itu pun gagal setelah ia tidak diperbolehkan oleh petugas keamanan. Lasiran pun hanya bisa kembali melihat mobil Jokowi melintas meninggalkan Balai Desa Tamanmartani.

"Enggak apa-apa ya, Pak. Yang penting sudah bisa melihat dari jauh," tutur Bernadeta kepada suaminya.

Setelah Jokowi dan rombongan meninggalkan lokasi, Lasiran serta Bernadeta pun lantas pulang ke rumahnya di Sepet Madu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com