Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Belajar di bawah Ancaman Longsor

Kompas.com - 25/04/2015, 00:41 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma'arif Nipis, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang terpaksa belajar di bawah ancaman tanah longsor. Kondisi tersebut menyusul kerusakan talut sekolah yang tergerus longsor pada Kamis (23/4/2015) sore.

Pascakejadian itu, lantai dan tembok ruang kelas mengalami keretakan. Para siswa pun harus menggeser bangku dan meja menjauh dari titik retak saat belajar lebih aman jika terjadi longsor susulan.

"Tembok dan lantai retak-retak. Sebetulnya takut belajar di kelas, takut kalau tiba-tiba longsor lagi," ujar Shihab, salah satu siswa kelas VI, Jumat (24/4/2015).

Shihab berharap talut yang tepat berada di bawah sekolah segera diperbaiki. Dengan demikian dia dan siswa lainnya bisa belajar dengan tenang. 

Kepala MI Al Ma'arif, Setyowati mengungkapkan, meski kondisi sekolah cukup mengkhawatirkan, sekolah tetap menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) seperti biasa. Sebab, tidak lama lagi para siswa, khususnya kelas VI, akan segera menempuh UN SD.

"Kami terpaksa melakukan KBM di ruang kelas yang retak-retak begini, karena kami tidak punya ruangan lagi. Agar lebih aman, meja dan bangku digeser agak menjauh (dengan titik keretakan)," urai Setyowati.

Informasi yang dihimpun, tanah longsor terjadi pada Kamis (23/4/2015) sekitar pukul 16.00 WIB. Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan lereng Gunung Merbabu itu.

Beruntung saat kejadian tidak ada siswa maupun guru yang berada di dalam sekolah MI Ma'arif Nipis. Terjangan longsor menyebab talut setinggi 15 meter dan lebar 6 meter di bawah sekolah hancur. Material longsor juga sempat menutup akses jalan Desa Sambungrejo selama semalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com