Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras pada Hari Bumi, Beberapa Titik di Yogyakarta Banjir

Kompas.com - 22/04/2015, 23:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Hujan lebat yang mengguyur Kota Yogyakarta pada Rabu (22/4/2015) sejak pukul 19.20 WIB menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang. Bahkan, hujan yang turun tepat pada Hari Bumi ini membuat beberapa sungai meluap dan menggenangi rumah warga.

"Hujan deras sekali. Sekitar pukul 20.00 WIB di daerah Gemblakan dan Sayidan Kota Yogya, air Sungai Code masuk ke dalam rumah," kata Nandar, koordinator komunitas radio Rembug Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Ia menuturkan, dari informasi anggota radio komunitas Rembug di Sayidan dan Gemblakan, air yang masuk ke rumah warga mencapai sekitar 60 sentimeter. Melihat kondisi itu, beberapa relawan membantu melakukan pemindahan barang-barang warga.

"Sekarang sudah reda, air mulai surut. Tadi sempat memindahkan barang-barang warga karena air setinggi lutut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD DIY Gatot Saptadi mengatakan, dari informasi diketahui bahwa sejumlah sungai yang melintasi Yogyakarta, seperti Sungai Gajah Wong dan Sungai Code, debit airnya meningkat. Bahkan, di Sayidan tanggulnya jebol.

“Teman-teman ke Sayidan ada tanggul jebol,” ucap Gatot.

Gatot berharap masyarakat tetap harus meningkatkan kewaspadaan akibat cuaca buruk akhir-akhir ini yang melanda Yogyakarta. “Semoga saja karena air hujan. Jika banjir lahar, hujan akan lama surutnya," tuturnya.

Berdasarkan pantuan Kompas.com, sejumlah ruas jalan yang tergenang akibat hujan deras antara lain di depan Hotel Saphir, Jalan Kolombo, Jalan Kaliurang, dan Jalan Adi Sucipto di depan Ambarukmo Plaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com