Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Gunung Kelir, Dua Jalan Desa Sempat Tertutup Material

Kompas.com - 22/04/2015, 17:18 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Tanah longsor kembali terjadi di kaki Gunung Kelir, tepatny di desa Wirogomo, Banyubiru, Kabupaten Semarang. Sedikitnya ada tiga titik longsor yang terjadi bersamaan dengan turunnya hujan lebat di wilayah desa tersebut, Selasa (21/4/2015) siang hingga petang kemarin.  

Ketiga titik longsor tersebut berada di Dusun Kendal Ngisor, Dusun Nlumpak serta Dusun Sebakung. Namun dalam peristiwa itu tidak timbul korban jiwa dan belum ada upaya untuk mengevakuasi warga dari tiga wilayah tersebut.

Salah satu lokasi longsor terjadi di Dusun Kendal Ngisor, tepatnya di tebing gunung Kelir, di lingkungan SMPN 3 Banyubiru, yang sebelumnya telah dikosongkan. Menurut warga yang tinggal di depan SMPN 3 Banyubiru, Margono (68), guguran material longsor kembali terjadi saat hujan deras mengguyur kawasan desanya, Selasa sekitar pukul 14.00 WIB.  

"Sebenarnya ini bukan longsoran baru, namun material longsor sebelumnya ada yang tertinggal pada tebing dan saat hujan deras material ini ikut turun dan kembali gugur,” kata Margono.

Selain di SMPN 3 Banyubiru, longsor susulan juga menutup jalan poros desa didusun Dusun Nlumpak dan dusun Sebakung tertutup material longsor. Puluhan anggota Polres Semarang dan Koramil Banyubiru bersama warga melakukan karya bakti untuk membuka akses jalan.

“Makanya, pagi ini kita dibantu Koramil Banyubiru melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsoran. Sekarang jalan desa ini sudah normal dan bisa dimanfaatkan warga,” ungkap Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com