Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kartini, Kepala Desa Ikut Ajar Anak SD di Sekolah

Kompas.com - 21/04/2015, 14:13 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Para perangkat desa di Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, mengikuti kegiatan belajar di SD Negeri 1 Sawangan untuk memperingati Hari Kartini, Selasa (21/4/2015).

Seluruh perangkat desa termasuk kepala desa mengenakan pakaian adat Jawa lengkap spontan datang pagi-pagi ke sekolah yang tidak jauh dari kantor mereka bertugas. Mereka langsung mengikuti upacara bendera yang sudah diikuti oleh para siswa dan guru setempat. Baik murid maupun guru juga tampak mengenakan pakaian adat jawa, seperti kebaya dan beskap.

"Kami melakukan aksi ini untuk turut memperingati Hari Kartini," ujar Kepala Desa Sawangan, Johan Wahyudi, yang didaulat menjadi pembina upacara.

Selain mengikuti upacara, segenap abdi negara itu juga mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Mereka bersempatan mengajar layaknya seorang guru. Adapun materi yang disampaikan tidak jauh dari keteladanan seorang pahlawan wanita bernama Raden Ajeng (RA) Kartini.

”Salah satu yang paling mudah ditiru dari Raden Kartini adalah beliau suka menulis. Sehingga dia bisa menerbitkan beberapa buku,” ungkap Johan.

Johan bercerita, sejak kecil RA Kartini sudah rajin belajar sehingga setelah menginjak dewasa dia tumbuh menjadi perempuan yang pandai.

”Anak-anak harus meneladaninya mulai dari hal-hal kecil,” tambahnya di hadapan siswa kelas IV.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sawangan, Muhammad Zaenudin, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa setempat. Menurutnya, program Pemerintah Desa Mengajar ini baru pertama kali dilaksanakan.

”Kami mendukung dengan kegiatan Pemerintah Desa Mengajar ini. Kami meminta supaya anak-anak diberi motivasi,” tutur Zaenudin.

Zaenudin memaparkan, peringatan Hari Kartini di sekolah yang terletak di lereng Gunung Merapi itu juga diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain pidato berbahasa jawa, menari dan beberapa lomba ketangkasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com