Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, 68 ABK Thailand Dipulangkan dengan Pesawat Militer

Kompas.com - 08/04/2015, 12:17 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 68 anak buah kapal (ABK) asal Thailand yang sementara ditampung di rumah penampungan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon, Kamis (9/5/2015), akan dipulangkan ke negara asalnya.

Pemulangan puluhan ABK asing itu akan menggunakan pesawat militer Thailand. Puluhan ABK akan diangkut dari Bandara Internasional Pattimura menuju Thailand. Salah satu staf delegasi pemerintah Thailand, Kolonel Polisi Kitti Ariyanon, membenarkan bahwa pemulangan 68 ABK Thailand tersebut akan menggunakan pesawat militer.

“Jumlah ABK yang dipulangkan besok itu ada 68 orang. Mereka akan dipulangkan dengan pesawat militer dari Thailand,” kata Kitty.

Saat ini, lanjutnya, pesawat tersebut sedang terbang menuju Bandara Internasional Pattimura, direncanakan sore ini pesawat udah mendarat di Ambon. Menurut dia, dari 68 ABK itu sebanyak 8 ABK dievakuasi dari Benjina, 1 ABK dari Tual dan satu lagi dari Dobo, sedangkan sisanya selama ini berada di Ambon.

“Ada yang dari Benjina juga 8 orang, satu dari Tual, satu dariDobo dan sisanya di Ambon, besok mereka akan dipulangkan,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemulangan puluhan ABK Thailand itu tidak terkai perbudakan di Benjina, namun lebih disebabkan karena kapal-kapal mereka tidak lagi bisa beroperasi.

”Mereka dipulangkan karena kapalnya tidak bisa beroperasi lagi,” katanya.

Berdasarkan pantauan, di PPN Ambon, tampak puluhan ABK ini terus didata oleh petugas pemerintah Thailand. Para ABK yang hendak dipulangkan ini semuanya mengenakan seragam berwarna ping. Namun diantara puluhan ABK itu ada dua ABK yang sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com