Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Berlatih Perang, TNI Juga Akan Gelar Karya Bakti di Poso

Kompas.com - 25/03/2015, 17:27 WIB
Kontributor Kompas TV, Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Asisten Teritorial Komando Strategi Angkatan Darat ( Aster Kostrad) Kolonel Infanteri Bahram beserta rombongan tiba di Poso, Sulawesi Tengah pada Rabu (25/3/2015). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau sejumlah lokasi di Kecamatan Poso Pesisir yang akan dijadikan tempat latihan gabungan TNI dalam waktu dekat.

Dalam jumpa persnya di Hotel 77 di Jalan Pulau Seram, Poso Kota pada Rabu, Kolonel Bahram menjelaskan, latihan gabungan TNI dari tiga kesatuan Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut akan digelar dari 31 Maret hingga 15 April 2015. Berdasarkan hasil pemantauannya, semua persiapan baik lokasi, alat pendukung berupa kendaraan serta hotel tempat tinggal para pimpinan dari tiga kesatuan sudah siap.

Ia menjelaskan, latihan yang akan berlangsung selama 15 hari tersebut diisi salah satunya dengan latihan perang yang melibatkan ribuan personel TNI  dan sejumlah pesawat tempur dari udara, darat dan laut. Latihan perang akan digelar selama tiga hari. Sementara sisanya, 12 hari diisi dengan karya bakti dan karya sosial ke sejumlah wilayah Poso Pesisir seperti Dusun Tamanjeka, Desa Weralulu dan Desa Tangkura yang terkena dampak dari kegiatan tersebut.

"Selain dalam rangka kegiatan latihan perang, akan ada kegiatan karya bakti pembangunan sejumlah rumah tinggal, sekolah, rumah ibadah serta karya sosial berupa pengobatan massal gratis untuk membantu sejumlah warga," jelas Bahram.

Dalam keterangan persnya di sejumlah media, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan, latihan di Poso, selain meningkatkan skill personel TNI, juga bertujuan menekan perkembangan kelompok radikal seperti teroris dan ISIS. [Baca juga: TNI Gelar Latihan Sekaligus Tekan Pergerakan Teroris di Poso]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com