Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Majalangu, Pasar Dadakan di Pantai Kuta

Kompas.com - 22/03/2015, 11:50 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


KUTA, KOMPAS.com - Pasar Majalangu adalah pasar dadakan yang digelar oleh Desa Adat Kuta satu hari pasca-pelaksanaan Nyepi. Pasar Majalangu digelar di Pantai Kuta sejak pukul 06.00 Wita hingga 19.00 Wita.

Satuan Tugas Pengamanan (Satgas) Pantai Kuta mengerahkan 48 orang personel untuk mengamankan pelaksanaan Pasar Majalangu.

“Mengenai keamanan acara Pasar Majalangu yang diselenggarakan oleh desa adat ini, semua personel kami turunkan. Kami Satgas Pantai Kuta mengerahkan semua personil berjumlah 48 orang,” kata kepala Satgas Pantai Kuta, I Wayan Sirna, Minggu (22/3/2015).

Sementara Wayan Suarya, seorang pecalang atau petugas keamanan adat dari Desa Adat Kuta mengatakan acara Pasar Majalangu juga akan diselingi dengan berbagai pementasan budaya di depan pura.

Masyarakat sekitar dan wisatawan cukup terhibur setelah mengikuti pelaksanaan Nyepi dan hari mendapatkan hiburan seni dan pasar kaget atau pasar dadakan.

“Saya baru tahu kalau ada pasar kaget. Biasanya kan tidak boleh bangun tenda untuk penjualan barang-barang suvenir. Soalnya tumben saya bisa Nyepi di Bali, biasanya kalau liburan tidak pas Nyepi,” kata Joko Handoko, wisatawan asal Jepara.

Pasar Majalangu hanya digelar hari ini saja. Pedagang boleh berjualan dengan tenda yang sudah didirikan oleh panitia. Jika tidak mendapatkan tempat di tenda, pedagang boleh mencari tempat di sepanjang Pantai Kuta. Selain baju, di tempat ini juga dijual suvenir dan kerajinan khas Bali serta aneka makanan dan minuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com