Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama Jokowi, Ribuan Umat Hindu Ikut Tawur Kesanga di Prambanan

Kompas.com - 20/03/2015, 08:56 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com - Ribuan umat Hindu se Indonesia memenuhi area kompleks Candi Prambanan untuk mengikuti upacara Tawur Kesanga yang merupakan salah satu rangkaian Perayaan Nyepi dan Tahun Baru Saka 1937 (2015).

Tema yang diangkat dalam Perayaan Nyepi tahun ini adalah "Membangun Harmoni Kesadaran Ritual dan Budaya Nasional".

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) DI Yogyakarta Ida Bagus Agung mengatakan, Perayaan Nyepi mengandung makna agar tercipta kembali keharmonisan kehidupan antar manusia, dan ataupun alam semesta.

"Saat ini kita melihat berbagai peristiwa kekerasan yang terjadi. Antara manusia dan manusia maupun alam semesta," ujar Agung saat ditemui di Kompleks Candi Prambanan, Jumat (20/3/2015).

Agung mengungkapkan, jika melihat berbagai peristiwa kekerasan yang terjadi, diperlukan kembali adanya keharmonisan antarmanusia dan tentunya dengan alam semesta. Upacara ini pun berdoa untuk perdamian Nusantara dan dunia. Menurut Agung, dengan adanya harmoni, maka akan tercipta sebuah kebahagiaan.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir dalam upacara Tawur Kesanga ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com