Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Ribut Landa Magelang, Dua Luka Tertimpa Pohon

Kompas.com - 26/02/2015, 18:08 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin ribut menerjang Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (26/2/2015) sore, dan menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan tiang baliho roboh. Dua orang luka akibat kejadian itu tertimpa pohon.

Dua orang luka adalah Sri Handoyo Bekti (34) warga Mantenan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Sri mengalami luka-luka lecet di bagian tubuh lantaran tertimpa pohon randu saat melintas di Jalan Telaga Warna, Kampung Nambangan, Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah.

Satu orang lagi korban bernama Bambang Triyono (36) warga kampung Paten Gunung, Kelurahan Rejowinangun Selatan, Kecamatan Magelang Selatan. Bambang mengalami luka parah di bagian kepala setelah tertimpa pohon saat melintas mengendarai sepeda motor di Jalan Pemuda, Kota Magelang.

"Saat ini keduanya sedang mendapat perawatan intensif oleh dokter di UGD," ujar salah seorang petugas RSUD Tidar Kota Magelang, Kamis sore.

Berdasarkan pantauan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 15.00 WIB dan begitu cepat berkisar 8-10 menit. Puluhan pohon yang tumbang terjadi di beberapa titik di sepanjang Jalan A Yani, Jalan Pemuda, Jalan Tidar, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Panembahan Senopati, Jalan Diponegoro hingga Jalan Telaga Warga.

Angin juga menerjang perkampungan, Bogeman, Samban dan Gelangan. Sebagian besar atap rumah warga rusak sedang. Tidak terkecuali pohon-pohon yang ada di komplek RSUD Tidar Kota di Jalan Tidar tumbang. Akibat kejadian itu pula, sebuah baliho besar berukuran 6 x 12 meter roboh tepat di Depan Markas Detasemen Polisi Militer Magelang, Jalan A Yani, Kota Magelang.

Ujung baliho sempat mengenai sebuah mobil katana yang melintas, namun beruntung tidak melimbulkan kerusakan parah dan korban jiwa pengendara mobil. Sebuah papan reklame di Jalan Pemuda juga nyaris ambruk.

"Kejadiannya cepat sekali saat hujan deras, saya langsung menyelamatkan diri melihat papan baliho yang sudah condong mau roboh karena tepat di depan pos polisi," ujar Bripka Samsudin, petugas penjaga pos polisi.

Hingga Kamis petang, sejumlah petugas dari Polres Magelang Kota turun ke jalan mengatur lalu lintas yang sempat padat, karena beberapa saat listrik padam.

Sementara itu, anggota TNI, warga, dan Tim Inti Reaksi Cepat (TIRC) BPBD Kabupaten Magelang masih melakukan evakuasi pohon-pohon yang tumbang serta membersihkan ruas jalan yang dipenuhi patahan ranting pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com