Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bencana Longsor Terjadi di Tanah Datar

Kompas.com - 18/02/2015, 13:07 WIB
Ismail Zakaria

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sejak beberapa hari terakhir memicu longsor dan banjir di Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan. Tidak ada korban jiwa, namun kejadian itu membuat aktivitas warga setempat terganggu.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat Pagar Negara di Padang, Rabu (18/2/2015) mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 07.00 pagi.

Menurut Pagar, longsor terjadi di sejumlah jorong di Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan yakni Jorong Guguak dan Jorong Duo Koto. Di Jorong Guguak, longsor menutupi jalan sekitar 20 meter dengan ketinggian mencapai dua meter.

"Saat ini tengah dilakukan pembersihan jalan secara manual oleh BPBD Tanah Datar bersama masyarakat. Tim masih menunggu alat berat" kata Pagar.

Sementara di Jorong Duo Koto, terdapat tiga titik longsor setinggi setengah meter yang berasal dari tebing sekitar jalan di kawasan tersebut. Tingginya curah hujan juga memicu meluapnya Sungai Batang Aia Lurah dan menggerus bibir sungai. Hal itu juga membuat kawasan tersebut mengalami banjir setinggi 20 sentimeter.

Kegiatan belajar mengajar di salah satu sekolah yakni Sekolah Dasar 14 Batipuh diliburkan. Warga juga diimbau untuk berhati-hati seiring masih tingginya curah hujan. Sebab, hujan diperkirakan masih akan terus terjadi hingga Kamis malam.

Menurut Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandara Internasional Minangkabau Budi Samiaji, cuaca diperkirakan berawan banyak pada siang-sore hari terutama di wilayah pesisir pantai.

Sementara dari sore hingga malam hari, potensi hujan sedang diperkirakan terjadi di wilayah Padang, Padang Pariaman, Pariaman, Padang Panjang,Solok, Sawahlunto, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Kayu Tanam – Sicincin, Mentawai, Pesisir Selatan, Agam Pesisir, Pasaman Barat meluas ke Pasaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com