Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Klaim Sukses Kerja Sama Bandung dengan 20 Negara

Kompas.com - 09/02/2015, 15:04 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Kota Bandung telah menjalin kerja sama dengan 20 negara sahabat dalam masa jabatannya sebagai wali kota.

"Dalam kurun waktu setahun lebih empat bulan kita sudah kedatangan lebih dari 20 duta besar negara-negara sahabat yang ingin bekerja sama," kata Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (9/2/2015).

Lebih lanjut, Emil mengatakan, tindak lanjut dalam kerja sama dengan 20 negara sahabat itu sudah sukses dan bukan sekadar diplomasi basa-basi. "70 persen jadi proyek. Jadi poinnya ngaburudul (banyak) negara sahabat yang ingin bantu. Semua sedang berproses dan bukan sekadar basa-basi," kata dia.

Emil menjelaskan, salah satu contoh kerja sama yang sukses adalah kerja sama dalam bidang persampahan dengan Jepang. "Jepang mau kasih empat biodigester untuk empat kecamatan. Prototipenya satu sudah siap. Dari Belanda, kita dapat hibah untuk PDAM. Kemudian Belanda akhir bulan ini akan datang dengan empat project," tuturnya.

Salah satu faktor kesuksesan sejumlah kerja sama yang terjalin adalah berkat publikasi yang masif tentang Kota Bandung selama dirinya menjabat. Selain itu, rencana pembangunan pusat bisnis bernama Bandung Teknopolis juga menyumbang andil dalam kesuksesan kerja sama tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com