Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah "Ditinggal" Jokowi, Nasib Esemka Kini Terkatung-katung

Kompas.com - 09/02/2015, 14:48 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Setelah sempat menjadi buah bibir pada tahun 2012 karena Wali Kota Solo pada saat itu, Joko Widodo, mengampanyekan mobil tersebut, kini Esemka justru hidup terkatung-katung.

Seiring waktu, mobil Esemka yang saat ini dipegang oleh PT Esemka tidak mempunyai modal untuk berproduksi. Direktur PT Esemka Heru Munandar pun berharap, penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari tidak menenggelamkan mobil karya anak bangsa tersebut.

Saat ditemui di SMK Warga, Jebres, Solo, Senin (9/2/2015), Heru Munandar mengatakan, PT Esemka saat ini terkendala modal. Kurangnya modal tersebut membuat produksi mobil Esemka tergantung pada uang muka (down payment) dari konsumen yang ingin memesan mobil.

"Jadi, kita tidak ada modal, dan kita butuh orang yang berani beri uang DP, kira kira Rp 90 juta, kita bisa buatkan, dan jadi," kata Heru.

Hingga saat ini, PT Esemka sudah memproduksi 17 mobil. Kondisi tersebut jelas tidak seperti yang diharapkan saat peluncuran mobil Esemka beberapa tahun lalu. "Ya kondisinya tidak selancar yang diharapkan karena, ya, modal kurang. Selain modal, kita juga butuh support dari pemerintah terkait regulasi. Seandainya modal ada dan regulasi mendukung, pasti lancar," kata dia.

Regulasi yang diharapkan Heru adalah regulasi riil dari pemerintah terkait mobil nasional.

Terkait kerja sama Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari, Heru berharap pemerintah mendukung adanya mobil nasional secara mandiri. "Ini karena mobil yang bikin rakyat kita sendiri, dipakai sendiri, dan dibeli sendiri. Namun, itu masih jauh. Selama tidak ada dukungan dari pemerintah, ya akan terkatung-katung," kata Heru.

Seperti diberitakan sebelumnya, kerja sama Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari yang dihadiri Presiden Joko Widodo mengundang polemik di kalangan masyarakat. Polemik tersebut terkait nasib mobil Esemka yang pernah mengharumkan nama Jokowi saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI pada tahun 2012 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com