Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ini Sudah Cicak Versus Kebun Binatang"

Kompas.com - 25/01/2015, 13:32 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sujito memandang perseteruan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri bukan lagi seperti 2012 lalu yang dilambangkan dengan "cicak versus buaya".

"Sekarang ini bukan lagi cicak versus buaya seperti yang dulu. Ini sudah cicak versus kebun binatang," ucap Arie Sujito dalam pernyataan sikap akademisi dan perwakilan Perguruan tinggi Yogyakarta di Balarung Universitas Gajah Mada (UGM), Minggu (25/01/2015).

Arie Sujito menuturkan cicak versus buaya itu dalam kasus Bibit dan Chandra beberapa tahun lalu. Sementara saat ini ada banyak yang berada di belakang mereka.

"Kenapa kebun binatang? Di belakangnya ada banyak yang berkepentingan," ujar Arie.

Melihat situasi saat ini, Ia meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat dan mengingat kembali. Presiden terpilih karena rakyat. Partai politik hanyalah untuk urusan administrasi pencalonan menjadi Presiden. \

"Jokowi harus berani. Jangan mau berhadapan dengan rakyat," kata Arie dengan nada tegas.

Arie meyakini, jika Jokowi bertindak tegas dan berani melawan oligarki partai maka rakyat Indonesia akan membela.

Seperti diberitakan sebelumnya, para akademisi dari perwakilan perguruan tinggi serta aktivis antikorupsi di Yogyakarta menggelar pernyataan sikap bersama terkait perseteruan antara KPK dengan Polisi. Kegiatan itu digelar di Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM), Minggu (25/1/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com