Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Aneh, Tubuh Mugiono Kaku Sejak 30 Tahun Lalu

Kompas.com - 07/01/2015, 08:02 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com - Mugiono (49), warga RT 1/RW 1 Kedungpane, Mijen, Semarang, menderita penyakit aneh yang membuat seluruh bagian tubuhnya kaku sejak sekitar 30 tahun lalu. 

"Sudah sejak lama kakak saya menderita penyakit ini. Saya sejak kecil yang membantu orangtua untuk merawat sehari-hari," kata Windarni, adik kandung Mugiono di Semarang, Selasa (6/1/2015) kemarin.

Dulu, kata Windarni, sempat ada upaya dari orang yang mengaku dari Dinas Sosial untuk membantu, tetapi karena hasil diagnosis menyebutkan Mugiono menderita penyakit langka, pengobatan pun dihentikan.

"Kalau tidak salah, penyakit tulang sumsum. Ceritanya, dulu kakak saya tubuhnya panas-dingin, kemudian sempat dibawa ke puskesmas dan diberi obat penurun panas. Jadi begini sampai sekarang," kata Windarni.

Lurah Kedungpane Bambang Sulistyawan mengaku baru saja mengetahui kondisi seorang warganya yang menderita penyakit aneh seperti itu setelah membaca berita di salah satu media massa. 

"Kami langsung bergerak membuatkan surat keterangan tidak mampu (SKTM). Berkoordinasi juga dengan puskesmas setempat untuk membuatkan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Kota Semarang," kata Bambang.

Saat ini, menurut Bambang, Mugiono sudah dibawa oleh pihak puskesmas setempat ke RSUD Tugurejo Semarang dan sudah dirawat inap di RS tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com