Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Jenazah Penumpang Pesawat AirAsia QZ8501 Diperluas

Kompas.com - 03/01/2015, 09:43 WIB
Dani Prabowo

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Upaya pencarian jenazah penumpang pesawat AirAsia QZ8501, Sabtu (3/1/2015) diperluas. Jika sebelumnya pencarian yang dilakukan di sekitar Selat Karimata ini hanya sebatas 90x150 nautical mile, kali ini menjadi 90x210 nautical mile.

"Mulai dari ujung penemuan pertama sampai di bawahnya. Kira-kira sampai di Kabupaten Kotawaringin Timur," kata Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Iskandar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Letnan Kolonel Pnb Johnson Simatupang.

Untuk memperlancar proses pencarian ini, tujuh helikopter disiapkan, tiga di antaranya untuk pengangkutan, empat untuk pencarian. [Baca: 8 Jenazah Korban AirAsia QZ8510 di Laut Diterbangkan ke Pangkalan Bun]

Ia berharap, seluruh wilayah yang ingin dijangkau dapat terpantau secara visual dari udara. "Area penyisiran ini sampai di pinggir Sampit. Hari ini targetnya sangat banyak," kata dia.

Sementara itu, Direktur Operasional Badan SAR Nasional SB Supriyadi mengatakan jajarannya telah bekerjasama dengan Polri dan TNI AD untuk mengerahkan anggota ke wilayah pesisir pantai Tanjung Puting.

"Kemarin pesawat Polri juga sudah menyusuri pantai. Angkatan Darat juga sudah standby bersama polisi dan masyarakat. Para nelayan juga sudah diminta tolong untuk menyiapkan perahu di Tanjung Puting," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com